Pages

Terpopuler

Terpopuler

Wednesday, July 04, 2012

Peranan Batubara di Dunia



Batubara adalah salah satu sumber energi yang penting bagi dunia, yang digunakan oleh pembangkit listrik untuk menghasilkan listrik hampir 39% di seluruh dunia. Di banyak negara angka-angka ini jauh lebih tinggi:

Polandia menggunakan batubara sebesar 93% untuk pembangkit listrik; Afrika Selatan 93%; Australia 80%, Cina 78%; India 69%; Maroko 69%, Khazastan 70% dan Indonesia sebesar 71%. Batubara merupakan sumber energi yang mengalami pertumbuhan yang paling cepat di dunia di tahun-tahun belakangan ini – lebih cepat daripada gas, minyak, nuklir, air dan sumber daya pengganti.
Sumber energi Batubara menjadi pilihan dengan berbagai pertimbangan sebagai berikut :
-   Cadangan batubara sangat banyak dan akan tersedia untuk masa depan, yang sudah dapat diperkirakan, tanpa menimbulkan masalah geopolitk atau keamanan.
-       Batubara tersedia dari berbagai sumber yang banyak pada pasar dunia yang terpasok dengan baik.
- Batubara dapat dengan mudah disimpan dipembangkit-pembangkit listrik dan persediaannya dapat digunakan dalam keadaan darurat.
-       Pembangkit listrik tenaga uap tidak tergantung pada cuaca dan dapat digunakan sebagai pendukung pembangkit listrik tenaga angin dan tenaga air
-       Batubara tidak memerlukan jaringan pipa dengan tekanan tinggi atau jalur pasokan khusus.
-  Jalur pasokan batubara tidak perlu penjagaan yang membutuhkan biaya yang tinggi.

Pertimbangan-pertimbangan tersebut membantu menstabilkan harga energi melalui persaingan antar bahan bakar. Itulah mengapa, batubara telah memainkan peran yang sangat penting ini selama berabad-abad, yang tidak hanya membangkitkan listrik, namun juga merupakan bahan bakar utama bagi produksi baja dan semen, serta kegiatan-kegiatan industri lainnya.

0 komentar:

Post a Comment