Pages

Terpopuler

Terpopuler

Friday, October 15, 2010

Mechanical Thermal Expression (MTE)


MTE adalah proses menghilangkan kelembaban dari batubara (de-water) tanpa penguapan, Proses ini termasuk metode dewatering secara mekanik. Karena kadar air belum tentu dapat dihilangkan semuanya dari struktur di dalam lignit jika hanya dengan pemberian tekanan saja, maka perlakuan panas juga dilakukan secara bersamaan untuk meningkatkan efisiensi dewatering. Selain itu, ada pula proses yang memberikan perlakuan lain disamping pemberian tekanan yaitu berupa penggerusan, bertujuan untuk mengurangi pori – pori di dalam lignit sehingga re-absorbsi air dapat dikendalikan.
Metode ini pertama kali dikembangkan di Jerman, yang merupakan proyek yang dibangun dan dikembangkan di University of Dortmund dan di Diffenbacher (Strauss et al., 1999) pada akhir tahun 1990-an. Ini diuji cobakan dengan memanaskan batubara pada 150 ° C sampai 200 ° C, yaitu pada tekanan saturasi (3~9 MPa) untuk mencegah penguapan. Air dalam batubara dapat "diperas" dengan menerapkan tekanan mekanik (Gambar 2.9). Meningkatnya temperatur membuat batubara lebih mudah berubah bentuk dengan kompresi dan membuat air lebih bergerak dengan mengurangi viskositas dan tegangan permukaan.

Diagram alir proses Mechanical Thermal Expression

Sejumlah Riset dan pengembangan secara substansial untuk  MTE de-watering telah dilakukan selama dua dekade terakhir ini di Australia oleh Cooperative Research Centre for Clean Power from Lignite – saat ini telah dibubarkan, yang menetapkan pengaruh variabel proses (tekanan, suhu, jenis batubara, durasi pemanasan dan kompresi).
Keuntungan dari proses MTE tidak terbatas pada peningkatan efisiensi ketika batubara kering dibakar, tetapi tidak seperti proses pengeringan lainnya, proses tersebut juga memungkinkan untuk menangkap air yang diekstraksi. Proses penghilangan kelembaban batubara dengan memeras ini juga memiliki manfaat lain. Indikasi awal adalah bahwa jumlah garam yang tersisa di batubara kering dapat dikurangi setelah dicuci bersih, yang merupakan bagian dari operasi penghilangan air. Hal ini akan menngurangi fouling dan waktu kerja boiler menjadi lebih lama dan bersih, terutama untuk batubara yang mengandung garam. Hal ini diklaim bahwa penggunaan batubara kering dari proses MTE akan mengurangi ukuran boiler secara fisik sekitar 65%, dan mengurangi biaya modal.

0 komentar:

Post a Comment